Shabaab Sunnah

Agustus 3, 2010

Problematika Chatting dan Solusinya (bag. 2)

Filed under: General — ibnuyacob @ 6:53 am
Tags: , , ,

2. Sadarilah bahwa kita selalu diintai oleh musuh yang bernama syaithon baik dari jenis Jin dan Manusia yang selalu siaga untuk menjerumuskan anda agar terjatuh kedalam kehinaan dan memporak porandakan keistiqomahan anda, oleh karena itu bila anda mendapatkan bisikan dan ajakan syaithon tersebut maka segeralah minta pelindungan kepada Allah,
وإما ينزغنك من الشيطان نزغ فاستعذ بالله من الشيطان الرجيم. إن الذين اتقوا إذا مسهم طائف من الشيطان تذكروا فإذا هم مبصرون.
“Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sungguh Dia Mendengar, Maha Mengetahui. Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa apabila mereka dibayang-bayangi pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, merekapun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat (kesalahan-kesalahannya) (QS. Al’araf : 200-201)
3. Persiapkanlah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk anda tekuni sebagai ganti chatting anda, jangan biarkan hari-hari anda terlewat tanpa kegiatan. Karena setan sangat mudah menggoda hati seorang hamba yang kosong dan lalai, terlebih Rasulullah صلى ‏الله ‏عليه ‏و ‏سلم bersabda :

نعمتان مغبون فيهما كثير من الناس الصحة والفراغ
“Ada 2 nikmat (Allah) yang kebanyakan manusia lalai dari keduanya (yaitu) kesehatan dan waktu luang” (HR. Bukhari dari Ibnu ‘abbas)
banyak kegiatan bermanfaat yang dapat anda lakukan untuk meredam hasrat chatting anda, misalnya membaca buku, menulis, tadabbur Alquran, olah raga, dll.
4. Jangan lupa untuk selalu memohon bantuan kepada Allah dengan berdoa kepadaNYA agar Dia menetapkan hati anda untuk istiqamah di jalan kebaikan karena tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan dariNYA, doa adalah sebagai perisai bagi orang-orang beriman.
5. Selamat mencoba semoga keberhasilan menyertai anda.
Akhirnya inilah yang dapat saya tulis sebagai sumbangsih saya dalam membantu saudara-saudara muslim agar mereka mampu melepaskan diri dari belenggu chatting, saya menyadari masih banyak kekurangan pada tulisan ini dan masih banyak pula hal-hal lain yang berkaitan dengan chating namun saya berharap tulisan ini mampu mewakili itu semua, Ya Allah jadikanlah kami termasuk orang-orang yang mendengar ucapan lalu mengikuti kebaikan yang dikandungnya, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarganya serta para sahabatnya semua.
Written by : Abu Muhammad Al-acehy

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.